By Published On: November 9th, 2020Categories: Bahasa Indonesia0 Comments

Pertumbuhan ekosistem kriptocurrency tidak bisa dianggap remeh. Kapitalisasi pasar kriptocurrency naik dari tahun ke tahun. Kriptocurrency telah mendobrak penghalang antara keuangan dunia dan orang-orang yang tidak memiliki rekening bank. Selama ini pasar keuangan didominasi oleh investor besar dan bank. Mereka telah menguasai hegemoni ekonomi dunia selama bertahun-tahun. Kriptocurrency membuka peluang bagi pemain baru untuk menggeser aktor lama dalam ekosistem ekonomi baru di bawah filosofi desentralisasi. Maraknya pengguna kriptocurrency memiliki banyak dampak pada perekonomian global. Kriptocurrency membawa harapan tetapi bagi beberapa pihak hal itu mengancam keberadaan mereka.

BAGAIMANA  DAMPAK KRIPTOCURRENCY TERHADAP EKONOMI GLOBAL?

1. Kriptocurrency memberikan kesempatan bagi orang yang tidak memiliki rekening bank untuk mengakses sektor keuangan dunia.

Orang yang tidak memiliki akses ke perbankan dapat menemukan banyak hal di beberapa sektor keuangan. Mereka bisa mendapatkan dana dari berbagai sumber dan sarana di komunitas kriptocurrency. Ada beberapa metode yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari kriptocurrency seperti menambang, menyimpan, perdagangan, dan crowdfunding. Semua cara tersebut bisa dilakukan tanpa melibatkan bank. Banyak kisah sukses dari komunitas kriyptocurrency dalam mengumpulkan dana. Terbukti bahwa kriptocurrency dapat berdiri sendiri tanpa bank.

2. Ribuan pasar kerja terbuka di kriptocurrency.

Startup baru dalam kriptocurrency tumbuh seperti jamur di musim hujan. Oleh karena itu, permintaan lapangan pekerjaan  meningkat dari pengembang, pemasar, konsultan, spesialis media sosial, dan penulis. Sebagian besar pekerjaan dalam kriptocurrency dapat dilakukan dari jarak yang jauh sehingga pasar kerja terbuka di seluruh dunia. Orang-orang  yang dipekerjakan dalam kriptocurrency mungkin tidak terdaftar dalam data pemerintah karena pekerja bekerja dari jarak jauh dan sebagian besar aktivitas ada di depan layar. Ada banyak pasar kerja kriptocurrency seperti ethlance dan pasar kerja lainnya. penyerapan tenaga kerja yang banyak berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

3. Ada perusahaan baru dan jutawan baru.

Sejak penemuan bitcoin oleh Satoshi Nakamoto, ekosistem terdesentralisasi ini telah menciptakan perusahaan baru dan jutawan baru. Coinbase adalah salah satu start up paling sukses. Brian Armstrong adalah kepala eksekutif Coinbase, pertukaran mata uang kripto terbesar di U.S. Armstrong yang ikut mendirikan Coinbase, yang berbasis di San Francisco, pada tahun 2012. Brian Armstrong memperkirakan kekayaan bersih crypto sebesar $ 308 juta. Crish Larsen mendirikan perusahaan Ripple Labs, Inc., asetnya sekitar $ 2,1 miliar. CEO binance Changpeng Zhao juga masuk dalam 100 daftar teratas orang kaya kriptocurrency. Dia memiliki lebih dari $ 1,4 miliar uang kripto.

Richlist – 100 Orang Terkaya Dalam Cryptocurrency

4. Lebih banyak pedagang dan pengecer menerima pembayaran cryptocurrency.

Kriptocurrency semakin diterima oleh masyarakat. Banyaknya pengecer yang menerima pembayaran dalam kriptocurrency membuktikan bahwa mata uang ini memiliki nilai. Ada ribuan toko dan layanan yang menerima kriptocurrency. Produk dan layanan mulai dari pakaian, restoran, hotel, agen perjalanan, permainan, tagihan telepon dan listrik, musik, olahraga, dan banyak lagi produk dan layanan lainya. Pengecer yang menerima pembayaran kriptocurrency tidak terpengaruh oleh masalah volatilitas. Mereka masih mendapat untung dari bisnis mereka. Peluang ini juga akan mendorong pengecer kecil untuk menerima pembayaran kriptocurrency. Produk mereka akan diekspos ke pasar dunia secara  luas karena menerima kriptocurrency  tidak perlu perantara.

5. Ekonomi gig atau paruh waktu tumbuh.

Karena ada start up baru dalam kriptocurrency, permintaan pekerjaan paruh waktu meningkat. Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan di bursa kerja mulai dari tugas mikro hingga kerja bug bounty.

Gig economy statistics show a free market system where organizations and independent workers engage in short-term work arrangements.

Source : What is gig economy

Pekerjaan freelance dalam kriptocurrency terbuka untuk semua orang dan di mana saja. Seorang pekerja dapat melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Pasar kerja biasanya dikelola oleh layanan pihak ketiga untuk menghindari penipuan. Pihak ketiga mendapatkan beberapa persen dari pembayaran kontrak. Pembayaran biasanya dalam kriptocurrency.

6. Platform crowdfunding menawarkan sistem investasi yang sederhana dan terdesentralisasi.

ICO adalah sistem crowdfunding yang telah mengumpulkan dana jutaan USD untuk start up baru. iex.ec memperoleh $ 12 juta u pendanaan dalam waktu enam jam. Brave Browser dengan token BAT mendapatkan $ 36 juta dana dalam 30 detik.

https://www.crowdfundinsider.com/2017/06/101301-brave-browsers-ico-raises-36-million-30-seconds/

Ini adalah platform investasi luar biasa dalam kriptocurrency. Lebih banyak perusahaan baru, dapatkan  jutaan  dolar dari ICO. Ini adalah kabar baik bagi pembuat proyek untuk menarik investor. Mengapa sistemnya sederhana dan efektif? Pasalnya, pendanaan tidak membutuhkan pihak ketiga dan terdesentralisasi. Platform investasi menggunakan pembayaran kriptocurrency seperti bitcoin, eth, litecoin, dash, dan  lainnya.

Itulah dampak positif kriptocurrency bagi perekonomian global. Selain itu, ada beberapa efek buruk dari pertumbuhan kriptocurrency.

1. Ada banyak proyek penipuan dengan platform ICO.

Keberhasilan crowdfunding dengan ICO telah memikat para penipu untuk mengikutinya. Mereka mencoba whitepaper  dan membuat tim palsu. Mereka meluncurkan ICO dan mendapatkan dana dari investor tetapi mereka mencuri semua uang dengan proyek palsu. Ifan dan Pincoin menipu dengan nilai crypto $ 665 juta. Bitconnect, onecoin, centratech, dan plexcoin asalah ICO palsu lainnya.

See ; Scam ICO and Projects 

2. Aktivitas kejahatan meningkat pada kriptocurrency

Miliaran dolar aset pada kriptocurrency membuat peretas, cracker, dan penjahat lainnya mencoba menggunakan alat -alat untuk mencuri aset cryptocurrency dari penukar, dan dompet pribadi. Coincheck kehilangan lebih dari $ 500 juta, Mt. Gox dicuri lebih dari $ 400 juta dan banyak lagi peretasan yang membuat kehilangan  jutaan dollar aset kripto. Peretas menggunakan banyak metode untuk mencuri uang dari serangan DDOS, dush attack, cryptojacking, dan ransomware. Cerita kehilangan akan terus berlanjut. Itu adalah masalah yang sangat buruk dalam ekonomi global untuk ekosistem kriptocurrency. Kemudian muncul pertanyaan “Jika kriptocurrency aman, mengapa dapat diretas? ‘.

3. Hiperinflasi kriptocurrency menyebabkan banyak koin mati.

Koin baru diluncurkan setiap hari. Pasar merespon negatif sehingga banyak pedagang dan pengguna meninggalkan koin dan menjual dengan harga murah. Pada akhirnya, koin  tersebut tidak memiliki nilai dan mati.

Lihat https://deadcoins.com/

Ini adalah sinyal buruk bagi pasar global. Ekonom melihat bahwa kriptocurrency adalah gelembung dan tidak memiliki nilai. Start up membuat proyek untuk mengumpulkan dana saja. Mereka meninggalkan proyek dan membuat proyek lain untuk menipu investor lagi.

4. Bank membatasi transaksi mata uang kripto.

Bank of America menghentikan pembelian bitcoin dan kriptocurrency di kartu kredit mereka. Ada juga beberapa bank di seluruh dunia yang melarang transaksi langsung ke kriptocurrency. Pengguna uang kripto menggunakan layanan pihak ketiga untuk menukar aset mereka dengan uang kartal.

https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-02-02/bofa-to-decline-all-cryptocurrency-transactions-on-credit-cards

5. Regulasi keuangan yang ketat menghambat adopsi massal kriptocurrency.

Regulasi yang ketat membuat kriptocurrency sulit untuk dikembangkan. Banyak pengembang dan investor yang gagal menjalankan proyeknya karena terhambat oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kriptocurrency hanya digunakan sebagai aset bukan sebagai mata uang sehingga penggunaanya oleh masyarakat umum juga terbatas pada transaksi aset digital.

 

Kriptocurrency membuka banyak peluang bagi publik, namun ada sisi negatif yang tidak bisa dipungkiri. Di tahun-tahun kedepan, pengaruh cryptocurrency akan semakin besar. Jumlah penggunanya yang terus bertambah membuat dunia ini semakin luas. Banyak proyek dan penemuan baru dengan kontrak pintar dan dapps membuat mata uang kripto lebih dapat diterima oleh pasar, publik, dan pemerintah.

About the Author: Ahmad Fauzi

Indonesian. Interested in cryptocurrency. I am a full time crypto writer and trader, writing on Hive, Steem and now Dash Nation platforms. Digital currency, writing and SEO are my passion nowadays. Tips graciously accepted: Xrr7jvqp55Ks44MKn6iHiGG4Uuu5hK1gQL

Dash Nation is always on the lookout for talented writers for news and blogs. If you wouldn’t mind sharing your talents with the movement towards financial freedom through Dash, please contact the team at go.dashnation@gmail.com.

Leave A Comment

Join Dash Nation Today!

The Blue Hearts have a presence on all major social media platforms and communication channels on Reddit and Discord. Join us!

Dash Nation on Reddit
Dash Nation on Discord