By Published On: August 25th, 2020Categories: Bahasa IndonesiaComments Off on Mengenal Fitur Dan Teknologi Pada Jaringan Dash

Dash mempunyai beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh koin lainya. Jaringan dash didukung oleh dua penggerak pertama jaringan masternode , kedua jaringan penambang. Kenapa dash memiliki dua penggerak jaringan? Hal ini berfungsi pada fitur dan sistem pengamanan yang ada pada koin dash.

Sekilas tentang fitur pada koin dash

Dash memiliki spesifikasi khusus yaitu

  1. Penambangan blok pertama terjadi pada jam 11, 18 Januari, 2014
  2. Dash tidak memiliki penambangan permulaaan atau premine.
  3. Algoritma X11 , apa algoritma X11? Sebuah algoritma adalah sebuah pencarian enkripsi kode ( hash) yang menggunakan 11 metode yang berbeda.
  4. 2.6 blok per menit, 2MB block, ~56 transaksi per detik. Ini menunjukan dash merupakan koin dengan kecepatan konfirmasi transaksi yang sangat tinggi.
  5. Blok reward menurun 7,4% per tahun
  6. Pengaturan tingkat kesulitan dengan Dark Gravity Wave algoritma, adalah sebuah algoritma yang mengatur setiap blok berdasarkan data statistik untuk menjamin pengeluaran blok secara konsisten.
  7. 18.92 juta total suplai koin lebih kecil dari bitcoin.
  8. Jaringan tingkat dua yang terdesentralisasi dengan masternode.
  9. Pengiriman pribadi ( Private send) adalah sebuah cara untuk melindungi privacy dengan menutupi atau mengaburkan asal atau sumber dana.
  10. Instantsend adalah sebuah kecepatan transaksi yang didukung oleh masternode. Tradisional kripto currency membutuhkan waktu sampai 15 menit untuk mengkonfirmasi sebuah transaksi, ini diperlukan untuk menghindari transaksi ganda sedangkan credit card dan model kripto currency dengan kecepatan tinggi menggunakan sistem server yang terpusat atau centralistik. Kedua hal ini bisa diatasi dengan teknologi instant send pada Dash dengan masternode. Masternode akan melakukan kuncian dengan voting yang dilakukan oleh quorum terhadap transaksi apabila transaksi tersebut telah dinyatakan valid sehingga tidak akan terjadi transaksi ganda atau transaksi tiruan.
  11. Teknologi chainlock adalah sebuah teknologi yang digunakan bersamaan dengan instantsend untuk mencegah “kejadian yang terorganisasi ulang pada blockchain” Kejadian yang terorganisasi yang berulang pada blockchain menyebabkan konfirmasi transaksi ganda. Teknologi ini efektif mencegah serangan 51% ( 51% attack).
  12. Pemerintahan yang terdesentralisasi ( Decentralized governance) adalah sebuah otoritas pemerintahan dan keuangan. Decentralized Governance by Blockchain ( DGBB) pada dash merupakan sistem pengambilan keputusan pada sebuah proposal yang diajukan oleh pengembang. Ketika sebuah proposal diajukan masternode akan melakukan voting apakah menyetujui, menolak, atau abstain. Proses yang diperlukan tidak terlalu lama tidak seperti bitcoin yang membutuhkan waktu sampai tiga tahuh. Ini terjadi ketika perubahan ukuran blok dari yang diajukan oleh dash core team menjadi 2 MB, hanya membutuhkan waktu 24 jam. Selain otoritas pemerintahan juga pendanaan. Blok reward pada dash mengalokasikan 10 % hasil penambangan untuk pengembangan, 45 % untuk masternode, 45 % lainya untuk penambang. Pengembang akan mendapatkan alokasi dana apabila proposal disetujui jadi para pengembang tidak perlu mencari sumbar dana dari luar untuk mengembangkan teknologi dan keunggulan jaringan dash.

Dari kedua belas fitur diatas menunjukan dash adalah koin yang cukup mapan baik dari teknologi maupun komunitas. Inilah alasanya banyak pengecer yang mau menerima dash sebagai pembayaran. Dash menjadi alat tukar yang bisa diterima sejajar dengan dollar, bitcoin dan mata uang digital lainya.

Selain fitur fitur diatas, dash juga memiliki beberapa teknologi terapan yang berfungsi meningkatkan dan menjaga performa jaringan dash. berikut beberapa teknologi terapan yang ada pada jaringan dash.

  1. Spork

Spork adalah sebuah mekanisme aktivasi koding terkini yang diluncurkan pada jaringan dash tidak langsung aktif. Inovasi ini menjadikan perubahan pada jaringan dash lebih lancar dibandingkan dengan metode hardfork. Prosesnya mirip seperti soft fork namun developer dash menyebutnya “spork”. Sebuah fitur diluncurkan pada jaringan dash, komunikasi dengan para pengguna disebarkan sehingga mencapai 80%, setelah itu koding atau fitur baru dash bisa diaktifkan oleh developer melalui konsensus. Apabila ada masalah yang muncul dengan penerapan koding terbaru, proses pembatalan juga terjadi dengan cara serupa sehingga tidak menggangu atau menyebabkan terjadinya hardfork.

2. LLMQ

LLMQ ( Long Living Masternode Quarum) dibentuk dengan DKG ( Distribution Key Generation). Dash masternode quarum adalah sekumpulan penyedia masternode yang menjalankan jaringan dash yang memfasilitasi fitur dengan cara memperhitungkan prakondisi dari kejadian kejadian sebelumnya. LLMQ pada awalnya berguna pada aplikasi instantsend namun dalam perkembanganya LLMQ merupakan bagian dari aplikasi chainlock. LLMQ berfungsi melakukan ambang batas pada sign in message ( pesan masuk) yang berguna mencegah transaksi ganda dan serangan 51 %.

3. Evolusi Dash

Evolusi dash adalah sebuah nama kode yang dibangun pada jaringan dash yang terdesentralisasi. Tujuan dari evolusi dash adalah untuk menyediakan kemudahan akses penciptaan teknologi dan inovasi yang terdesentralisasi menggunakan keunggulan dan fitur yang ada pada jaringan dash. Evolusi dash dimulai dari dash core 0.12.1 through to 0.12.3 sampai sekarang dash core 1.0. Evolusi pada jaringan dash menambahkan beberapa fitur baru yang lebih baik seperti Drive, DAPI, Dashpay Decentralized Wallet, Second Tier, sampai Social Wallet.

Kesimpulan

Pengembang dash terus melakukan inovasi untuk meningkatkan performa jaringan dash sehingga dash koin menjadi sebuah koin handal kriptocurrency yang benar benar mempunyai fungsi sebagai pembayaran maupun sebuah open source yang memberikan kesempatan kepada para pengembang diluar dash untuk mengintegrasikan dash dengan aplikasi mereka atau jaringan diluar dash.

About the Author: Ahmad Fauzi

Indonesian. Interested in cryptocurrency. I am a full time crypto writer and trader, writing on Hive, Steem and now Dash Nation platforms. Digital currency, writing and SEO are my passion nowadays. Tips graciously accepted: Xrr7jvqp55Ks44MKn6iHiGG4Uuu5hK1gQL

Dash Nation is always on the lookout for talented writers for news and blogs. If you wouldn’t mind sharing your talents with the movement towards financial freedom through Dash, please contact the team at go.dashnation@gmail.com.

Join Dash Nation Today!

The Blue Hearts have a presence on all major social media platforms and communication channels on Reddit and Discord. Join us!

Dash Nation on Reddit
Dash Nation on Discord